Navigate Up
Sign In

Pasar Sepi Harga Ikan Laut Turun

 

pasar youtef.jpg

Suasana di Pasar Ikan Youtef yang mengalami penurunan harga akibat sepi pembeli
 
 
KOTA JAYAPURADalam satu minggu terakhir ini harga ikan laut cenderung menurun. Sepinya pembeli menjadi penyebab utama menurunnya harga ikan, selain itu, faktor cuaca juga memberi kontribusi semakin murahnya harga ikan. Hal ini terpantau langsung oleh Bintang Papua saat mendatangi Pasar Youtefa Kotaraja, Jayapura, Kamis (23/5) lalu.
 
“Biasanya harga ikan turun dan naik karena faktor cuaca tetapi kali ini memang karena pasar lagi sepi pengunjung, jadi bagaimana kita mau jual dengan harga tinggi kalau tidak ada pembeli, ya dengan terpaksa harganya harus kita turunkan sedikit, tidak apa-apa asal jangan sampai rugi saja, jadi modal tetap kembali,” jelas Budi, salah seorang penjual ikan.
 
Tercatat, Ikan jenis tongkol, Deho, Ekor kuning, dan Cakalang mengalami perubahan harga sementara. Harga ekor kuning dan cakalang yang sebelumnya Rp 60.000,- kini turun menjadi Rp 50.000,- per ekor.  Sedangkan kalau untuk ikan jenis Deho, Kombong dan Ikan Tongkol, turun harga dari Rp 25.000,- menjadi Rp 20.000,-. Turunnya harga ikan tersebut di syukuri oleh pembeli, ”Harga ikan sedikit murah dibandingkan dari minggu kemarin, walaupun turun Rp 10.000,- tidak apa-apa, itu sudah lumayan bagi kita, asal harganya jangan naik lagi,” katanya.
 
Menurutnya lagi, ”Setiap hari saya ke pasar karena sudah menjadi pekerjaan rutin untuk belanja buat makan keluarga, tetapi memang minggu ini pembeli di pasar agak sepi juga, tidak sama dengan minggu kemarin,” jelasnya .
 
 
 
bintangpapua.com
25/5/2012
PUR