Navigate Up
Sign In

Karwar, Patung Ukir Kayu Khas Biak

karwar.pngKARWAR adalah kerajinan patung kayu berbentuk manusia, dengan ukuran kepala lebih besar dari badannya. Ini adalah patung khas Biak Numfor, Papua, sekaligus oleh-oleh yang paling diminati oleh traveler.
 
Sekilas, patung kayu ini tampak unik karena kepala yang lebih besar dari badannya. Padahal, patung ini merupakan karya seni Biak Numfor yang lestari bertahun-tahun. Namanya Karwar, patung yang berfungsi sebagai lambang kehadiran roh para nenek moyang yang telah meninggal.
 
 
 
 
 
Bagi masyarakat Papua termasuk Biak Numfor, mengukir adalah bagian dari ritual keagamaan. Mengutip majalah resmi Pemkab Biak Numfor, Selasa (42/7/2012), ukiran dipercaya sebagai mediator yang menghubungkan masyarakat dengan leluhur mereka. Melalui ukiran inilah, masyarakat Biak Numfor berkomunikasi dengan arwah keluarga yang sudah meninggal.
 
Tak heran masyarakat Biak Numfor percaya, roh orang yang sudah meninggal dapat dipanggil untuk memberikan petunjuk-petunjuk penting seperti masa panen dan penyembuhan penyakit. Hal itu dilakukan melalui perantaraan dukun setempat, dengan Karwar sebagai medianya.
 
 
patungkayu.wordpress.com
12/10/2012
NEL