Navigate Up
Sign In

Merbau ‘Pohon Kayu Besi’ Papua

MERBAU merupakan nama dagang dari jenis Kayu Intsia spp. Jenis Kayu ini menjadi Primadona perdagangan kayu dari wilayah timur Indonesia. Jenis ini termasuk ke dalam family fabacea atau polong-polongan. Di Papua sendiri terdapat dua Jenis Pohon Merbau, yaitu: Merbau jenis Intsia Bijuga dan Merbau jenis Intsia palembanica.
 
KAyu MErbau.png
Ilustrasi : Kayu besi (lestaripujidwi.blogspot.com)
 
Kayu besi ‘Instansi bijuga’
 
Berupa pohon raksasa dengan tinggi bebas cabang dapat mencapai 30 m dan diameter 200 cm. batang tegak tidak silindris sempurna,bentuk tajuk tidak teratur. Tumbuh secara alami di hutan tropis basah di belakang mangrove sampai ketinggian 700 m dpl pada tanah berbatu, berpasir maupun liat yang tidak selalu terendam air.Kayu gubal dan teras dapat dibedakan dengan jelas. Gubal setebal 8 cm berwarna kecoklatan.kayu teras berwarna coklat kehitaman.kelas kuat I, kelas awet I.
 
Kayu besi ‘Instansi palembanica’
 
Berupa pohon raksasa dengan tinggi bebas cabang dapat mencapai 30 m dan diameter 200 cm. Batang tegak tidak silindris sempurna,bentuk tajuk tidak teratur . Tumbuh secara alam di hutan tropis basah sampai ketinggian 700 m dpl pada tanah berbatu, berpasir maupun liat yang relatif kering. kayu gubal dan teras dapat dibedakan dengan jelas. Gubal setebal 8 cm berwarna kekuningan kayu teras berwarna coklat kekuningan. Kelas kuat I, kelas awet I.
 
Morfologi Daun
 
Daun Merbau.png
Ilustrasi : Daun Pohon Merbau Jenis Intsia Palembanica.
(lestaripujidwi.blogspot.com)
 
Daun Merbau merupakan daun Majemuk ganda satu dan berbentuk elips/lonjong dan asimetris. Namun, untuk Jenis Intsia Bijuga bentuk daunnya cenderung lebih bulat dan kecil. Sedang untuk Intsia Palembanica ukuran daunnya lebih lebar.
 
 
 
Sumber:
lestaripujidwi.blogspot.com, ml.scrbd.com & berbagai sumber
NEL