Navigate Up
Sign In

Pembangunan Kesehatan di Papua

Lambang.jpg
Papua adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia. Namun demikian, jumlah penduduknya relatif jarang. Sebenarnya Papua memiliki banyak sekali potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dapat digali. Tetapi karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat, Papua masih cukup tertinggal.
 
Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, manusia dapat meningkatkan produktivitas sosial ekonominya secara maksimal. Kondisi kesehatan di Papua masih cukup memprihatinkan, Hal ini dapat disebabkan kurangnya jumlah tenaga kesehatan di Papua.
 
Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Papua, masalah kesehatan yang terdapat di Papua adalah sebagai berikut.
1. Tingginya angka kematian ibu dan bayi baru lahir
2. Sepuluh penyakit terbanyak:
 a. malaria
 b. diare
 c. ISPA
 d. penyakit kulit
 e. kecacingan
 f. frambusia
 g. TBC
 h. filaria
 i. gingivitis
 j. konjungtivitis
3. Masalah kesehatan lain:
 a. kebiasaan makan dan gizi buruk
 b. persalinan dan imunisasi
 c. Pola Hidup Bersih Sehat
 
Dari berbagai permasalahan di atas, dapat dianalisis bahwa faktor-faktor yang berperan dalam masalah-masalah tersebut antara lain faktor ekonomi, sosial budaya, jarak yang jauh dan kurangnya transportasi, kurangnya pengetahuan penduduk, kurangnya sarana kesehatan, dan kurang optimalnya alur rujukan.
 
Dinas Kesehatan Provinsi Papua berupaya mengatasi permasalahan tersebut menggunakan beberapa model pelayanan kesehatan, di antaranya membentuk kader kesehatan, Pos Obat Desa, penyuluh kesehatan, dan transportasi untuk rujukan layanan.
 
Apabila kita melihat bahwa sebagian besar permasalahan kesehatan yang terjadi berkaitan dengan infeksi, hal ini tentunya memiliki sisi positif dan negatif. Sisi positifnya, penyebaran infeksi tidak begitu cepat karena Papua memiliki wilayah yang cukup luas dan jumlah penduduk yang relatif jarang. Sisi negatifnya, petugas kesehatan juga mengalami kesulitan untuk mencakup seluruh penduduk, apalagi dengan kurangnya jumlah tenaga kesehatan.
 
Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tentunya kita prihatin dengan kondisi saudara kita di Papua. Sebagai praktisi kesehatan, kita dapat menunjukkannya melalui program-program kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua.
 
 
www.medicalplanology.blogdetik.com