Navigate Up
Sign In

Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer – Bagian I

Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer – Bagian I.jpg

Berikut adalah beberapa istilah yang biasa digunakan dalam jaringan komputer:
 
IP Address (Internet Protocol Address)
 
IP address adalah alamat numerik (numeric address) unik dari sebuah komputer di Internet. Angka unik tersebut berupa deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.
 
Subnet Mask
 
Subnet Mask adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu pada bilangan biner 32 Bit yang digunakan untuk membedakan Network ID dan Host ID. Apakah berada di jaringan lokal atau berada di jaringan luar.
 
Gateway
 
Gateway adalah sebuah perangkat yang dapat berupa hardware atau software yang digunakan untuk menjembatani dua aplikasi atau dua jaringan komputer yang menggunakan protokol  komunikasi yang berbeda atau tidak kompatible atau tidak cocok, sehingga data atau informasi dari satu jaringan komputer dapat ditransfer ke satu jaringan komputer yang protokolnya berbeda.
 
DNS (Domain Name System)
 
DNS atau dalam bahasa indonesianya, sistem penamaan domain, adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host ataupun nama domain dalam bentuk Basis data tersebar (Distributed Database) di dalam jaringan komputer. Jadi, DNS disebut juga Sistem yang menerjemahkan domain internet.
 
DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk internet. Ketika perangkat keras dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penyaluran (Routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama host dan nama Domain. Misalnya, ketika pengguna mengetikan www.indosat.net .id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144.
 
Jadi, DNS adalah istilah dalam jaringan komputer yang berhubungan dengan konvensi untuk penamaan host pada internet dan cara penanganan nama-nama tersebut.
 
Computer Name (nama komputer)
 
Computer Name adalah nama dari komputer dalam jaringan. Dalam lingkungan LAN, nama komputer haruslah unik (tidak ada yang sama). Jika terjadi kesamaan, maka akan ada peringatan bahwa nama komputer sudah dipakai dan akan mempengaruhi kinerja dari komputer yang mempunyai nama sama tetapi dengan dasar IP address masih bisa diakses. Misal, dalam satu jaringan ada nama PC1, PC2, PC3, dst.
 
Workgroup
 
Workgroup adalah kesatuan dari komputer yang berada di suatu jaringan tetapi menjadikan dalam jaringan tersebut tidak ada server yang mengatur (semua komputer kedudukannya sama / Stand-alone computer/ komputer yang berdiri sendiri). Workgroup cocok digunakan dalam jaringan yang kecil.
 
Network (Jaringan)
 
Network adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web).
 
Berdasarkan letak geografisnya Network dibedakan menjadi:
 
1.   Local-Area Network (LAN)
 
LAN adalah sebuah jaringan komputer yang mencakup wilayah yang kecil, lokasi fisik yang sama, biasanya dalam sebuah gedung, sekolah, kampus, atau laboratorium.
 
Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer – Bagian I2.jpg

2.   Wide-Area Network (WAN)
 
WAN adalah Jaringan Komputer yang meliputi wilayah yang luas, dan komputer yang terhubung dapat berada pada tempat yang berjauhan dan dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio. WAN dapat juga didefinisikan sebagai Jaringan komputer yang memerlukan Router dan Saluran komunikasi publik. Misalnya, jaringan komputer antar kota, atau jaringan antar Negara.
 
 Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer – Bagian I3.gif

Berdasarkan Kriterianya Network dikelompokan menjadi:
 
1.   Topologi
 
Topologi terkait dengan pengaturan keterhubungan antar sistem komputer. Terdapat bermacam-macam topologi seperti bus, star, dan ring.
 
2.   Protokol
 
Protokol mendefinisikan sekelompok aturan dan sinyal yang digunakan oleh komputer pada jaringan untuk berkomunikasi. Protokol LAN yang paling populer adalah Ethernet. Protokol LAN lain yang banyak digunakan adalah IBM token-ring network.

3. Arsitektur

Jaringan dapat diklasifikasikan ke dalam arsitektur peer-to-peer atau client/server.
 
 
NIC (Network Interface Card)
 
Network Interface Card adalah expansion board yang digunakan supaya komputer dapat dihubungkan dengan jaringan. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet – metode yang sangat cepat dalam mentranfer data antara komputer. NIC memungkinkan sebuah komputer untuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang ada di jaringan yang sama – dapat berupa Internet atau pun Local Area Network (LAN).
 
 
 Istilah-istilah Dalam Jaringan Komputer – Bagian I4.jpg
Ilustrasi: Network interface card
 
Backbone
 
Backbone adalah saluran atau koneksi berkecepatan tinggi yang menjadi lintasan utama dalam sebuah jaringan.

Bandwidth

Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor. Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
 
Bridge
 
Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Network Bridge beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda, seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.
 
Ethernet
 
Ethernet adalah protokol LAN yang dikembangkan oleh Xerox Corporation yang bekerjasama dengan DEC dan Intel pada tahun 1976. Ethernet menggunakan topologi bus atau star dan medukung transfer data sampai dengan 10 Mbps. Versi Ethernet yang lebih baru yang disebut 100Base-T (atau Fast Ethernet), mendukung transfer data sampai dengan 100 Mbps, dan versi terbarunya, Gigabit Ethernet, mendukung tranfer data sampai dengan 1 Gigabit per detik atau 1000 Mbps.
 
Fast Ethernet
 
Fast Ethernet adalah sebuah teknologi jaringan Ethernet yang menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan standar Ethernet biasa. Kecepatan yang ditawarkannya mencapai 100 megabit per detik. Standar-standar yang dibuat untuk teknologi ini adalah 100BaseTX, 100BaseFX, 100BaseT4, dan 100BaseVG. Disebut juga 100BaseX.
 
GPS (Global Positioning System)
 
GPS adalah sistem navigasi menggunakan 24 satelit MEO (medium earth orbit atau middle earth orbit) yang mengelilingi bumi dan penerima-penerima di bumi. Satelit mengorbit pada ketinggian sekitar 12.000 mil di atas bumi dan mampu mengelilingi bumi dua kali dalam 24 jam. Satelit GPS secara kontinu mengirimkan sinyal radio digital yang mengandung data lokasi satelit dan waktu pada penerima yang berhubungan. Satelit GPS dilengkapi dengan jam atom dengan ketepatan satu per satu juta detik. Berdasar informasi ini, stasiun penerima mengetahui berapa lama waktu yang digunakan untuk mengirim sinyal sampai ke penerima di bumi. Semakin lama waktu yang digunakan untuk sampai ke penerima, semakin jauh posisi satelit dari stasiun penerima. dengan mengetahui posisi satelit, penerima mengetahui bahwa satelit terletak pada posisi tertentu pada permukaan bola imaginer yang berpusat pada satelit. Dengan menggunakan tiga satelit, GPS dapat menghitung lintang dan bujur penerima berdasar perpotongan ketiga bola imaginer. Dengan menggunakan empat satelit, dapat juga ditentukan ketinggian. GPS dikembangkan dan dioperasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika. GPS, asalnya dikenal dengan NAVSTAR (Navigation System with Timing and Ranging). Sebelum untuk keperluan yang lebih luas, GPS digunakan untuk menyediakan kemampuan navigasi sepanjang waktu dan dalam segala cuaca untuk militer darat, laut, dan angkatan udara. Disamping untuk navigasi dan penentuan posisi geografik, GPS dapat juga digunakan di antaranya untuk pemetaan, kehutanan, eksplorasi mineral, manajemen habitat liar, dan pengawasan perpindahan penduduk.
 
 gpstracking-work.jpg

 
GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
 
Editor : Neli
 
 
Sumber data:
Wikipedia.or.id, & berbagai sumber
16/7/2012