Navigate Up
Sign In

Kualitas Sumber daya Manusia di Papua

Komposisi penduduk menurut tingkat pendidikan yang ditamatkan memberikan gambaran terhadap kualitas sumber daya manusia. Semakin banyak penduduk yang berpendidikan tinggi menunjukkan keadaan kualitas penduduk yang semakin baik.
 
Peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari semakin tingginya persentase penduduk 10 tahun ke atas yang menamatkan pendidikan tinggi. Tabel 3.2 menyajikan persentase penduduk 10 tahun ke atas menurut tingkat pendidikan yang ditamatkan. Dari tabel tersebut terlihat persentase penduduk yang berpendidikan SLTP ke atas mengalami penurunan. Pada tahun 2007 penduduk yang telah menamatkan pendidikannya minimal SLTP sebesar 36.08 persen dan pada tahun 2008 menjadi 34.44 persen. Ini menunjukkan keberhasilan dari program wajib belajar yang dicanangkan pemerintah pada tahun ini mengalami penurunan. Secara keseluruhan proporsi penduduk yang belum memiliki pendidikan dasar masih sangat rendah. Pada tahun 2008 terdapat lebih dari sepertiga penduduk di Provinsi Papua yang belum punya ijazah. Proporsi penduduk yang tidak tamat SD nilainya meningkat dibanding tahun sebelumnya, yaitu dari 42.10 persen naik menjadi 46.27 persen.
 
 
Gambar 3.8 memperlihatkan perbandingan antar-kabupaten/kota tentang penduduk yang telah menyelesaikan pendidikannya sampai tamat SLTP atau telah menyelesaikan program wajar. Dari 20 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua, hanya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura , Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Biak Numfor yang penduduknya telah menamatkan pendidikannya sampai SLTP di atas 50 persen. Sedangkan kabupaten lainnya masih di bawah 50 persen.
 
Sumber: BPS Papua (Eko)