Navigate Up
Sign In

Bupati Nduga Prioritaskan Pendidikan

peta.jpg
     Sebagian wilayah Kabupaten Nduga (IST)
 
 
NDUGA -  Bupati Kabupaten Nduga, Papua, Yairus Gwijangge, dalam kepemimpinanya lebih memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan.
 
"Sebagai kabupaten yang baru dimekarkan selama tiga tahun ini. Pemerintah Nduga memprioritaskan pembanguan di bidang pendidikan," kata Yairus Gwijangge, di Jayapura, Kamis (12/4).
 
Dia mengaku, dirinya sudah membuat satu keputusan khusus untuk memajukan pendidikan. Dimana untuk anak sekolah dari Kabupaten Nduga akan diberikan sekolah secara gratis, baik dari tingkat SD, SMP, SMA sampai dengan Perguruan Tinggi.

"Semua tingkat sekolah secara gratis dan biaya sekolah dibebankan kepada pemerintah. Tahun kemarin saya sudah kirim salah satu anak asli Nduga untuk mengambil S2 di Inggris dan tahun ini saya kirim tiga anak lagi ke Australia untuk sekolah," ujarnya.
 
Yairus mengatakan, untuk setiap tahun program dari Pemda Nduga adalah mengirimkan anak didiknya yang berprestasi di sekolah ke luar negeri.
 
Dia menjelaskan, tujuan Pemerintah Nduga menyekolahkan anak asli Nduga ke luar negeri, dan apabila mereka kembali ke daerah asal, mereka bisa membagikan ilmu kepada masyarakat dan pemerintah setempat.
 
"Kami sangat berharap, pada saat mereka pulang ke Nduga dengan membawa manajemen yang baik, dan laporan yang bagus, sehingga kedepan merekalah yang bisa menjadi pemimpin," katanya.
 
Sekedar untuk diketahui, Kabupaten Nduga sebelumnya adalah bagian dari kabupaten Jayawijaya. Kabupaten ini dibentuk pada 4 Januari 2008 berdasarkan UU No.6 Tahun 2008 bersama–sama dengan pembentukkan lima kabupaten lainnya di Provinsi Papua.
 
 
tabloidjubi.com
12/04/2012
Nur