Navigate Up
Sign In

Papua Kembangkan Program Pendidikan Jarak Jauh

JAKARTA (Suara Karya) Guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di wilayahnya. Pemerintah Provinsi Papua mengembangkan program pendidikan jarak jauh (distance learning) untuk tingkat sekolah dasar dan menengah atas. Daya dukung tengah dibentuk melalui pembangunan sekolah berasrama, pemela-jaran secara online maupun lewat radio.
 StudentwPres.JPG

"Tak ada lagi alasan ketidakadaan guru di Papua. Sumberdaya manusia Papua harus sama bagusnya dengan wilayah lainnya di Indonesia," kata Gu-bemur Papua Barnabas Suebu dajam diskusi pendidikan di UPH Festival" di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, Sabtu (21/8).
 
Barnabas mengakui, pendidikan di Papua belumlah sebaik wilayah barat atau tengah Indonesia. Hal itu disebabkan tidak banyak guru yang ber-sedia mengajar di wilayah pedalaman Papua. Selain itu. Papua juga masih dipenuhi konflik dan paradoks yang membuat orang takut berada di Papua.
 
"Tak ada solusi selain melaksanakan pendidikan jarak jauh. Didukung Kementerian Pendidikan Nasional dan UPH. saat ini tengah dikembangkan pendidikan jarak jauh bagi anak-anak di Papua," katanya.

Papua memiliki potensi alam yang sangat kaya, kendati rakyatnya masih miskin. Karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rakyat Papua lewat pendidikan.
 
Ditambahkan, Pemerintah Provinsi Papua saat ini bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH) untuk program pengembangan bidang manajemen sekolah, mendidik guru-guru di Papua dan program khusus untuk anak berprestasi, (th whyuni)